Meneliti Kesuburan Telur Lovebird

Hal yang penting ketika lovebird bertelur adalah Meneliti Kesuburan Telur Lovebird. Ketika lovebird sudah bertelur (Jumlah telur  LoveBird biasanya sekiatar 7 atau 8 Butir) mungkin kita akan senang tetapi telur ini belum tentu fertile atau subur karena bisa saja semua telur tidak fertile semua atau cuma menetas sebagian saja dan kesuburan telur  LoveBird sangat di pengaruhi proses  pembuahan, proses pengeraman, fertilitas indukan,  makanan yang yang kita berikan dan infeksi bakteri. Sebagai contoh kalau makanan kurang baik dalam kandungan nutrisinya maka telur juga tidak baik,  bagi yang mau membaca makanan apa saja yang baik  untuk lovebird baca artikel ” Pakan / Makanan Lovebird “.

Baik mari kita lanjutkan bahasan kita tentang meneliti telur loveBird. Ada beberapa langkah untuk meneliti kesuburan telur lovebird. Proses ini disebut candling atau peneropongan. Proses ini menempatkan telur pada sumber cahaya di ruangan yang gelap untuk mengetahui isi dalam telur. Berikut ini adalah peralatan yang digunakan untuk peneropongan:

-Wadah untuk membawa telur lengkap dengan kain yang lembut untuk meletakannya

-Lampu senter yang sinarnya sangat terang.

-Kandang cadangan untuk indukan.

-Sebuah ruangan yang cukup gelap.

Setelah itu semua sudah siap maka masukkan indukan ke kandang cadangan, kemudian telur  letakkan di wadah yang diberi kain lembut untuk kemudian dibawa ke dalam ruang yang gelap. satu demi satu ambil kemudian kita sorot dengan lampu senter yang bersianar kuat yang menembus ke dalam telur sehingga kelihatan isi dalam telur. Peneropongan ini yang harus kita perhatikan adalah harus dengan waktu yang secepat mungkin untuk kemudian segera kembalikan telur kepada induknnya  karena kalau terlalu lama maka bisa menjadikan induk merasa terganggu sehingga tidak mau mengeram.

Apa kesimpulan dari telur yang telah kita teropong??

Jika telur love bird yang telah dierami seminggu tetapi masih tampak seperti awal sebelum dierami ada ruang udara kecil di ujung telur dan kuning telur tidak berubah/ tidak muncul seperti garis-garis halus pembuluh darah maka kemungkinan telur  tidak subur atau fertile. Sedangkan tanda tanda telur yang subur yang sudah dierami 5 sampai 7 hari akan muncul garis garis halus seperti pembuluh darah merah, yang dapat Anda lihat ketika di teropong walaupun masih tampak samar tapi pasti muncul kalau telur lovebird memang baik / bagus. Garis garis halus ini adalah pembuluh darah yang sedang berkembang dari anak love bird.

 Gambar di atas adalah bedatelur subur (fertile)  dan yang tidak subur (tidak fertile)

Sedangkan telur yang buram ada 2 kemungkinan, bisa busuk(tidak fertile)  atau fertile. Teluryang baik / fertile ketika sudah seminggu lebih akan buram dan tampak ada ruang udara yang kecil di ujung telur. nantinya sebelum menetas ruang udara ini akan hilang sama sekali. Telur yang buram bisa juga karena anak  sudah mati di dalam. Telur love bird yang tidak bagus ini terdapat kantong udara yang besar.

Silahkan baca artikel lain yang terkait:

Kumpulan Tips Beternak Lovebird Lengkap

Tentang Telur Lovebird

Ciri Tanda Lovebird Akan Bertelur

Tanda Indukan Lovebird Mau Kawin

Artikel lengkap Meneliti Kesuburan Telur Lovebird bisa anda temukan di Goole

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s