Cara Menangkarkan Lovebird

Cara menangkarkan lovebird Cara Menangkarkan LoveBird dan tips jitu untuk sukses akan kita kupas tuntas berikut karena kalau kita bersungguh sungguh mau belajar maka keseksesan dalam penangkaran burung cinta/LoveBird akan kita raih, Penangkaran burung Lovebird tidak terlalu sulit karena hanya mirip saja dengan parkit.

Langkah pertama dalam penangkaran adalah kita persiapkan sangkar atau Kandang Lovebird dengan ukuran yang kita sesuaikan dengan jumlah Lovebird yang akan kita masukkan. Persiapkan juga Perlengkapan yang akan kita taruh didalamnya seperti tempat makan / minum juga harus disediakan kotak tempat love bird bertelur, mengeram dan membesarkan anak-anaknya. Kotak glodok lovebird sebaiknya memakai kayu sengon yang diberi lubang untuk keluar masuk yang didalamnya kita taruh sarang untuk tempat bertelur untuk susuh atau sarang bertelur Lovebird silahkan baca ” Tips Membuat kotak sarang lovebird“.

Langkah atau step berikutnya adalah kita mempersiapkan indukan yang akan kita tangkarkan, syarat indukan yang bagus untuk ditangkarkan adalah sehat, tidak cacat dan umurnya minimal 6 bulan. Membedakan induk jantan dan betina memang agak susah karena keduanya bentuk dan ukuran tubuhnya hampir sama. Supaya terjamin kualitasnya jangan membeli indukan di pasar burung, tetapi belilah dari peternak yang sudah terkenal dan punya reputasi yang baik untuk konsumennya.

 Cara penangkaran dengan koloni adalah yang paling mudah bagi yang sulit membedakan Lovebird jantan dan betina, caranya adalah memasukkan Beberapa pasang indukan love bird bisa dijadikan satu di kandang yang ukurannya sesuai. Setelah beberapa saat berada di kandang dan beradaptasi mereka biasanya akan segera berpasang-pasangan dan menyiapkan sarang di dalam kotak pengeraman.
Pakan / Makanan  Lovebird terdiri atas biji-bijian seperti millet, juwawut, canary seed, jagung serta sayuran seperti daun kangkung dan wortel. Selain itu love bird juga menyukai kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang hijau. Pakan tersebut bisa diberikan dengan cara dikombinasi, misalnya pagi campuran biji-bijian, siang sayur dan sore kacang-kacangan. Untuk memacu birahi, selain kwaci, tambahkana makanan extra berupa toge, jagung muda dan sawi. Ketiga jenis sayuran ini terbukti berguna untuk mendongkrak birahi Lovebird.
Untuk memacu birahi, selain kwaci, tambahkana makanan extra berupa toge, jagung muda dan sawi. Ketiga jenis sayuran ini terbukti berguna untuk mendongkrak birahi Lovebird.
Setelah burung  berjodoh dan kawin induk betina love bird akan bertelur berkisar 4-7 butir dan akan mengerami sendiri selama sekitar 24 hari. Setelah telur menetas giliran induk jantan yang memberi makan induk betina dan anak-anaknya.
Pada masa proses mengasuh anak ini pakan berupa jagung muda yang masih bertongkol dan daun kangkung harus diberkan dalam jumlah yang banyak karena bahan itulah yang diberikan induk love bird pada anak-anaknya. Masa pengasuhan ini berlangsung sekitar 1,5 bulan, yaitu saat anak-anak love bird berukuran sama dengan induknya dan dapat makan sendiri. Begitu anak-anak burung keluar dari kotak sarang maka induknya mulai kawin dan menghasilkan keturunan. Dalam setahun sepasang induk love bird bisa berproduksi antara 4 – 6 kali. Dengan biaya pemeliharaan yang murah karena hanya memakan biji-bijian, sayur dan kacang-kacangan sementara anakannya bisa laku mahal maka menangkarkan love bird saat ini sedang digandrungi para peternak burung hias. Love bird ternyata tak sekadar cantik, tapi juga mendatangkan rejeki. Info selengkapnya mengenai “ Cara Menangkarkan Lovebird ” silahkan kunjungi Google.

 

One thought on “Cara Menangkarkan Lovebird

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s