Penyebab Telur Lovebird Tidak Menetas

Penyebab Telur Lovebird Tidak Menetas ada beberapa faktor. Ulasan Lengkap berikut akan mengungkap apa saja yang jadi faktor penyebab kegagalan penetasan telur LoveBird yang menjadi kendala beternak lovebird selama ini. Biasanya sesuatu yang paling di tunggu-tunggu breeder pemula adalah LoveBird berjodoh – kemudian Lovebird kawin – dilanjutkan  Lovebird bertelur dan tahap berikutnya adalah lovebird menetaskan telurnya. Kegagalan menetasnya Telur Lovebird hendaknya jangan menjadikan breeder loyo dan putus asa seharusnya malah tambah semangat karena dengan menjumpai kasus Telur Lovebird tidak menetas berarti kita akan tambah pengalaman dalam mengatasi permasalahan atau kendala dalam beternak lovebird.

Baik langsung aja kita ulas tuntas topik kita ” Penyebab Telur Lovebird Tidak Menetas “. Perhatikan permasalahan-permasalahan berikut sehingga kita akan mengetahui dan bagaimana jalan keluar yang akan kita tempuh agar Telur Lovebird berhasil menetas. Telur tidak menetas biasanya di sebabkan faktor-faktor di bawah ini:

a. Tidak terjadi perkawinan antara Jantan dan betina.

b. Gagal pembuahan dalam perkawinan, misalnya di sebabkan faktor tangkringan  lovebird ( jawa :pancikan) yang terlalu kecil atau licin dan tidak memenuhi syarat sehingga ketika LoveBird betina dikawini tidak bisa mantap mencengkeram tangkringan.

c. Kualitas Makanan Lovebird tidak memenuhi setandar gizi atau nutrisi.

d. Suhu ruangan peternakan terlalu panas (suhu terlalu tinggi)

e. Indukan betina tidak mau mengerami telurnya.

f. Kelembaban yang kurang atau berlebih. Idealnya Tingkat kelembaban harus dijaga berkisar 70% – 80%, dengan deviasi +/- 5%.

g. Kondisi kesehatan LoveBird   tidak fit atau menurun.

h. Ganguan dari luar misalnya suara yang terlalu berisik atau bisa juga gangguan predator juga hewan penganggu seperti cicak, kecoak, tikus dll.

i. Indukan belum sepenuhnya matang atau mencapai umur ideal untuk indukan.

j. bentuk Glodok  Lovebird yang tidak sesuai atau kurang ideal misalnya terlau sempit.

k.  Salah satu atau kedua indukan kondisi fisiknya tidak normal atau cacat yang mempengaruhi proses pembuahan.

l. Cacingan pada induk  LoveBird menyebabkan telur infertile akibat nutrisi makanan banyak di hisap cacing.

j. Bakteri. Telur LoveBird yang baru dikeluarkan oleh indukan betina temperatur / suhunya berada diatas suhu lingkungan sekitarnya. Perlahan, suhu telur tersebut akan mendingin sehingga menyamai suhu lingkungan sekitarnya. Nah pada saat proses pendinginan ini terjadi, telur akan berkontraksi. Akibat dari kontraksi ini menyebabkan telur mengalami tekanan dan pori-pori kulit telur menjadi lebih lebar pada beberapa bagian sehingga bakteri yang berada disekitar telur tersebut memiliki kesempatan untuk masuk ke membran telur.

Artikel dan tips lain budidaya lovebird:

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Ciri Lovebird Yang Bagus / Baik

Tips Cara Praktis Membuat Lovebird Gacor

Penyakit Mata Lovebird & Pengobatannya

Demikian ulasan topik “ Penyebab Telur Lovebird Tidak Menetas ” untuk keterangan lebih detail di Google.

3 thoughts on “Penyebab Telur Lovebird Tidak Menetas

  1. Burung Lb sy da 2x bertelor tp slalu gagal, gk mau menetas! Kr2 penyebabnya apa?
    ADMIN: BANYAK KEMUNGKINAN .DIANTARANYA BISA LB BETINA SEMUA, TDK SEMPURNA KETIKA TERJADI PEMBUAHAN, TERGANGGU KETIKA MENGERAM DAN KUALITAS MAKANAN YANG TIDAK MEMENUHI SYARAT JUGA BISA BERPENGARUH

  2. saya bingung untuk mengetahui …tentang indukan lovebird.sudah menetas apa belum.di karenakan saya takut nanti indukan lovebird jadi setres.di karekan saya harus membuka glodok.jadi butuh jawaban untuk kendala seperti ini.untuk mengatasi semua kendala yang saya punya…terima kasih
    ADMIN; LB UNYA KARAKTER BERLAINAN, PUNYA SAYA SERING SAYA TENGOK TIDAK STRESS, TAPI KALAU KHAWATIR YA GAK USAH DITENGOK, NANTI KL MENETAS ANAKAN AKAN BUNYI SENDIRI.

Tinggalkan komentar